Jumat, 16 Agustus 2013

Homemade Susu Kedelai


            Membuat susu kedelai sendiri ternyata mudah, tidak seperti yang dibayangkan, hehe ini pengen buat susu kedelai sendiri karena apa, udah beli satu gelas susu kedelai samping rumah. Eh mau diminum di larang bapakku, ya ya ya,,, karena rasanya itu manis BGT.. Jadilah pengen buat sendiri dan mendapatkan rasa manis yang soft, biar timbangan gak kearah kanan terus, hihihi, jadi kalau mau minum baru deh ditambahin gula, ngak pake juga enak kok tawar gurih ;) cara pembuatan step by stepnya ada di blognya Momylicious. Tapi aku juga pengen nerangin dikit dong, boleh ya boleh,, hihi dimodifikasi sesuai selera ini ceritanya.

Homemade Susu Kedelai

Bahan :
300 gr kacang kedelai, cuci bersih
2000 ml air
5 ruas Jahe, iris tipis2 (optional)
2 lbr daun pandan (optional)
½ sdm garam

Cara membuat :
  1. Rendam kacang kedelai yang sudah di cuci bersih,  selama semalam.
  2.  Setelah semalaman direndam, ukuran kedelai akan mencapai 2x ukuran sebelumnya. Kemudian remas-remas hingga kulit arinya terkelupas, yang bertujuan agar hasil aroma susu kedelai tidak berbau tajam. (sangat disarankan)
  3.  Selanjutnya buang kulit arinya,cuci lagi hingga bersih
  4. Masukkan kacang kedalam blender, kemudian tambahkan 500 ml air proses hingga halus. Tuang ke dalam wadah, ambil sarinya dengan disaring dengan saringan kain. Masukkan lagi ampasnya kedalam blender, kemudian tambahkan air  500 ml lagi, proses sekali lagi, dan tuang kedalam wadah ambil sarinya. Kemudian, buang ampasnya. ( kenapa saya menuliskan 2000 ml? karena blendernya kurang besar jadi ½ dari rendaman kedelai saya proses 2x)
  5.  Masak air sari susu kedelai ini sampai mendidih dan diputar dengan 1 arah(agar aroma susu yang dihasilkan tidak langu). Tambahkan irisan jahe dan garam serta daun pandan. Matikan api, siap dinikmati…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe