Senin, 26 Agustus 2013

Tela-tela / tela Krez


          Tela-tela / tela KreZ ini pernah booming di sekitar tahun 2008/2009 di sekolah Mts (smp) saya. hehehe bahasa booming tapi cuma disekitar sekolah, ga papa lah. saya sebut booming karena apa, makanan ini selalu diserbu siswa saat jam istirahat, dan harus ngantri dulu untuk mendapatkannya. kadang-kadang saya cuma ngantri keburu bel masuk berbunyi,, hehe gak kebagian deh :D

         Tela krez ini ketela pohon yang  dikukus/direbus sampai empuk, dipotong-potong kemudian di goreng sampai kering dan di bumbui aneka bumbu bubuk.sekarang sih udah tergeser ya, sama yang namanya tahu krez, tapi yah masih berbau krez-krez yang artinya gorengan yang crispy (kamus abal-abal). kata Chef farah Quin dalam iklannya "Orang Indonesia suka makanan yang Krispi dan gurih" kalo gak salah, lupa. hehe tapi pernyataanya benar sekali :p

Tela-tela / tela Krez
source by : yancakes

Bahan :
1000 gr singkong,
1/2 sdt garam
1500 ml air
bumbu balado secukupnya (atau rasa lain, pake coklat leleh juga enak)

Cara membuat :
1. Kupas singkong sampai bersih, cuci dengan air yang mengalir. potong-potong, panjangnya sekitar 4 cm/jari kelingking. kemudian rebus kedalam air yang sudah mendidih, tambahkan garam. rebus sampai ketela menjadi empuk. Tiriskan, dinginkan.
2. potong-potong menjadi bentuk korek api. kemudian goreng sampai kering dan kecoklatan, angkat, tiriskan sampai minyaknya hilang.
3. ambil toples kecil/wadahyang ada penutupnya. ambil 1 sendok bumbu balado dan masukkan ketela goreng tadi kedalam toples kemudian tutup, kocok sampai rata. sajikan :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe