Senin, 26 Agustus 2013

Kue Koci ketela ungu/ Kochi-kochi Telo/ Kue bugis


       kue tradisional ini sering muncul di acara hajatan orang jawa, biasanya terbuat dari adonan beras ketan yang di beri isian dan di bungkus dengan daun pisang, dan setelah saya browsing kue ini punya nama lain yaitu kue bugis, bugis itu sulawesi selatan kan? hehe. buat kue ini buat takjil di musholla pas bulan puasa (postingan telat >_<) kue versi ibuk n aku ini ngak pake beras ketan tapi diganti dengan ketela ungu dengan campuran tepung tapioka, di isi dengan isi kacang merah seperti isi mochi yang ku buat sebelumnya, baru inget pas udah buat pastanya kalo warnanya sama gelapnya, ungu sama merah u,u salah perhitungan. tapi kombinasi rasa yang unik,, :)


Kue Koci ketela ungu/ Kochi-kochi Telo/ Kue bugis
by : yancakes

Bahan :
1000 gr Ubi ungu, kukus, haluskan
300 gr tepung tapioka
1,5 sdt garam
4 sdm gula pasir
air secukupnya untuk menguleni

Cara membuat kulit :
Campur semua bahan, uleni dengan menambahkan air sedikit-sedikit sampai dirasa kalis. (tidak menempel di pinggiran wadah dan dapat di pulung)

Bahan Isi :
200 gr kacang merah
1 sdt garam
500 ml air untuk merebus (bila kurang, tambahkan)
8 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
4 sdm santan kental

Isi kacang merah :
  1. Rendam kacang merah selama kurang lebih 4 jam, lalu tiriskan. Rebus kacang merah bersama garam dan air hingga kacang jadi empuk. Dinginkan. Setelah dingin blender kacang merah dengan seluruh airnya hingga halus. 
  2. Masak kacang merah dengan gula pasir, vanili, dan santan kental hingga airnya mengering (kalau diaduk dengan sendok dasar panci akan kelihatan dan kacang merah tidak mudah jatuh ketika disendok). Dinginkan.
Penyelesaian :
siapkan daun pisang yang bersih, ambil 1 lembar daun pisang, olesi dengan minyak sayur. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Pipihkan. bungkus dengan daun pisang, rapikan. lanjutkan sampai adonan habis. kemudian tata di dalam dandang pengukus dan kukus selama 30 menit.

Hasil : 40 buah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe