Selasa, 07 November 2017

Bolu Kukus Mekar Nemo



Yey baru kali ini bikin bolu kukus mekar merekah semua dan ringan. Emang biasanya gimana ? ya mekar sih tapi agak bantet gitu.. akhirnya ga ada yang namanya kutukan bolu kukus mekar itu, asal kita tau cara pembuatan yang benar. Kali ini ikutan bolu kukus dengan motif nemo, eh tapi motif nemonya kurang keluar nih, warna oren nya seharusnya agak lebih kemerahan. Resepnya saya dapatkan dari facebook atas nama Elly Yuliani, terimakasih bu elly.. cuma saya kurangi baking powdernya aja. untuk cara pembuatannya bisa dengan methode ALL IN ONE (campur semua bahan) atau bertahap seperti bikin sponge cake (saya pakai yg ini). Yuk kawan semua ayo mencoba :D


BOLKUS NEMO CERIA
by : Elly Yuliani

Bahan :
- 250 gr tepung terigu pro.sedang/rendah
- 200 gr gula pasir
- 250 ml santan/bisa pake susu cair
- 1 btr telur
- 1 sdt emulsifier
- 1/4 sdt garam halus
- 1/2 sdt baking powder double acting (OPTIONAL)
- secukupnya pasta coklat black forest
- secukupnya pewarna orange
Cara :
  1. Panaskan kukusan. Lapisi/bungkus tutup kukusan dengan serbet (kecuali kalau memakai klakat tidak perlu dilapisi serbet).
  2. Masukkan gula pasir, Emulsifier, garam dan sp, mikser sampai putih menggembang. lalu campurkan tepung terigu, baking powder dan susu. mikser dengan kecepatan sedang.
  3. Bagi adonan 1/4 bagian diberi pasta coklat, 1/4 bagian diberi pewarna orange, 1/2 bagian dibiarkan putih (Saya memasukkannya kedalam plastik segitiga agar lebih mudah menuangnya)
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah diberi papercup, secara berselang-seling (putih-coklat-putih-orange-putih...dst) hingga cetakan penuh.
  5. Kukus selama 10-15 menit dengan api besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe