Kamis, 05 September 2013

Nastar NCC


      Nastar.....Nastar oh nastar..... akhirnya aku bisa membuatmu.. hehe jadi kepikiran buat tahun depan nyuplai di toko-toko dan bersaing dengan nastar buatan orang(berdoa dapet oven yang lebih besar *amin, percobaan pertama ajah udah banyak bayangan usaha hihi)..
karena yang ada di pasaran kelas grosiran rasanya keras dan selainya dikiiiiit sekali (sudah membuktikan membelinya). Nastar mempunyai harga yang paling tinggi diantara jajaran kue kering lainnya yang dipajang, memang proses pembuatannya yang sedikit lebih merepotkan, harus buat selai nanas, membuat adonan, memipihkan, mengisi, membentuk bulatan, mengoven pun 2x.. jadi percaya kalo di beri harga yang tinggi. hitung-hitung kalo di jual seperti harga yang ditoko-toko terus modal yang dikeluarkan laba nya menggiurkan juga lho... :D
      Resepnya aku ambil dari web NCC oleh bu fatmah bahalwan yang sudah banyak dipraktekkan oleh blogger lainnya. meskipun aku tidak menggunakan butter di adonanya dan menggantikannya dengan mentega      rasanya MANTAP hihi.. lumer di mulut dan sangat empuk, ngeprul begitu.. apalagi dengan selai nanas homemade, sangat di anjurkan membuat selai sendiri,karena kalau membeli kadar airnya masih banyak yang dapat mempengaruhi hasil akhir nastar, jadi keduanya saling berkaitan kulit dan isinya.. Atasnya boleh juga dikasih parutan keju, untuk taburan aja,,

Nastar Klasik
resep by : Fatmah Bahalwan


Bahan kulit:
250 gr Margarine
250 gr Butter (saya ganti mentega. hehe)
100 gr gula halus
4 btr kuning telur
700 gr tepung terigu
4 sdm susu bubuk fullcream (saya pake 2 sdm lainnya maizena)

Bahan olesan:
2 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair

Cara membuat:
  1. Kocok sebentar mentega dan gula (kurleb 30 detik) lalu masukkan telur kocok cukup sampai tercampur saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan (gunakan spatula kayu, hindari mengaduk dengan tangan secara langsung ke adonan yang dapat membuat hasilnya menjadi keras) hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  4. Oven dengan suhu 140’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
  5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.

Selai Nanas


Bahan:
4 bh nanas ukuran sedang, parut 
100 gr gula pasir (tergantung tingkat kemanisan nanas)
1 sdt garam
1 potong kayu manis

Cara membuat:
Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

Selai nanas yang sudah siap menjadi isian nastar
           Untuk Tips membuat selai nanas homemade dan cara yang lebih lengkap dapat mengunjungi link klik disini. karena saya membuatnya mendapatkan tips dari situ agar mendapatkan selai yang enak dan berwarna cantik :) nah dituliskan yan di tips kalu mau beli nanas itu jauh-jauh hari sebelum lebaran itu benar sekali, sebelumnya saya tidak mengikuti tipsnya, pergi kepasar shock pas nanya harga 1 buah nanas harganya 5 ribu, lha sebelum hari raya cuma Rp. 5000 dapat 3.. duh..duh.. mupeng nyari nanas keliling-keliling pasar, masak ya gagal rencana buat nastar akhirnya dapat juga dengan harga perbuah Rp.1500 walupun agak kecil sih dari yang harga Rp.5000.
          Hasil akhirnya mendapatkan 4 toples ukuran 500 gr, dapat lebihan 4 buah nastar dan itu yang buat tester yang 4 toples langsung dikemas biar aman kan buat hantaran (tapi tunggu sampai bener-bener dingin loh ya kalau mau di kemas) Adik saya marah-marah karena kurang cuman dapet 1, padahal udah adiL ibu 1, aku 1, bapak 1.. haha pas hari raya di buka langsung di serbu... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe