Jumat, 04 Oktober 2013

Kerupuk Nasi


          Punya nasi sisa cukup banyak? masih bagus? belum basi? belum berair? JANGAN di buang. Anda bisa memanfaatkannya menjadi lauk tambahan saat menyantap nasi, yaitu Krupuk. Krupuk yang sebagian masyarakat indonesia sangat menyukainya, makan tanpa kerupuk seperti tidak makan kata penggemarnya.
          Paragraf pertama profokatif banget deh. Ayo-ayo di buat. hihi kan lumayan daripada di buang, iya kalo punya hewan ternak sih seperti ayam, di kasih ke ayam habis sudah. Biar ngak bosen juga beli kerupuk yang sudah jadi meskipun berbagai macam bentuk dan rasa kerupuk banyak ditawarkan dengan harga murah meriah. Buat sendiri homemade lebih di jamin AMAN karena tanpa bahan tambahan seperti pewarna bukan untuk makanan, pengawet atau untuk menghindari yang lagi di beritakan di tv seperti kerupuk yang mengandung plastik.

           Krupuk nasi yang biasa di kenal dengan sebutan krupuk gendar/puli yang biasanya di buat dengan penambahan bahan kimia yaitu bleng yang ternyata sama dengan boraks, dengan menambahkan bleng agar awet dan lebih gurih. FYI Boraks merupakan senyawa berbentuk kristal putih, tidak berbau, stabil pada suhu dan tekanan normal, serta memiliki nama kimia natrium tetraborat (NaB4O7.10H2O). 
          Boraks sangat berbahaya jika digunakan dalam produk makanan. Jika larut dalam air, boraks akan menjadi natrium hidroksida (NaOH) dan asam borat (H3BO3). Kegunaan boraks yang sebenarnya adalah sebagai bahan pembuat detergen, antiseptik, dan mengurangi kesadahan air. untuk lebih lengkapnya anda bisa baca disumbernya di sini. Maka untuk membuat krupuk yang aman, disini metode dan resep yang di pakai berbeda namun hasil kerupuk yang dihasilkan tak kalah enaknya, malah lebih enak rasanya karena tidak ada rasa 'getir' dari zat tersebut. untuk memberi aroma anda dapat menyesuaikannya dengan bahan apa yang ada di rumah seperti bawang dan udang yang cocok untuk rasa kerupuk.

Krupuk Nasi
Resep by : ibuk dan tetangga :D

Bahan :
500 gr  Nasi sisa (seadanya)
750 gr tepung tapioka (secukupnya sampai nasi kalis)
2 bks kaldu bubuk rasa sapi
1/2 sdt penyedap rasa
100 gr udang, kupas, haluskan
Air secukupnya
Daun pisang/plastik untuk alas

Bumbu Halus :
20 btr bawang putih
1 sdt ketumbar
garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Cuci bersih nasi, tiriskan. haluskan dengan cobek yang bertujuan agar nasi dapat menyatu (bisa menggunakan blender tapi malah membuat lembek nanti hasilnya). sisihkan.
  2. Kemudian masukkan bumbu halus, kaldu bubuk, penyedap rasa dan udang campur rata, adonan akan menjadi agak lembek. tambahkan tepung tapioka dan uleni sampai kalis (tidak menempel di tangan).
  3. Kemudian bentuk adonan bulat memanjang dan beri alas daun pisang/plastik agar adonan nanti tidak menempel dengan adonan yang lain saat di kukus, jadi fungsinya seperti sekat. lakukan sampai adonan habis. (lihat gambar 2)
  4. Kukus selama 30 menit sampai matang, angkat. dinginkan.
  5. Masukkan ke freezer sampai hampir membeku tujuannya untuk memudahkan dalam proses pengirisan. agar mudah dan cepat, diiris dengan ketebalan sesuai selera.
  6. Tata irisan kerupuk di tampah atau apapun, jemur hingga kering. (lihat gambar 2)
  7. Angkat dan simpan dalam wadah tertutup.
Penyajiannya :
Goreng kerupuk dalam minyak panas, siap disajikan :)


gambar 1, setelah di kukus
gambar 2, siap untuk di jemur

2 komentar:

  1. apa manfaat kerupuk nasi/puli bagi tubuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hm.. sebagai sumber karbohidrat. karena terbuat dari nasi.. hehe

      Hapus

Yang koment banyak pahala.. hehe