Jumat, 04 Oktober 2013

Marmer Cake Jadul

 

            Dulu ibu ku seneng banget buat ini kue, tapi aku ngak pake resepnya ibu (ngak tanya soalnya,hehehe kapan2 ah). aku mencoba resep marmer cake ala pak sahak yang sudah banyak dicoba oleh blog2 lain yang testimoni rasanya lebih lembut dan bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana. setelah di keluarkan dari oven ngak sabar untuk memotongnya dan agak kecewa saat motif marmernya kurang terlihat mungkin karena adonan coklatnya kurang, tapi segera terbayarkan saat mencicipi slice pertama bersama ibu, ibuku sebagai tester pertama langsung bilang "ehm,, enak dan gurih" setuju sama ibuku..hahaha. memang cake ini ndak mboseni untuk dimakan. di bawah aku cantumkan resep dengan 3 ukuran loyang yang berbeda..kali ini saya pakai loyang tulban yang berukuran 22 cm.


 

Cake Marmer Jadul
Resep by : Sahak pribadi

Bahan : ((uk. 20 cm))
5 butir telur utuh
125 gr gula pasir
10 gr emulsifier (saya pake 1/2 sdt SP)
150 gr tepung terigu
15 gr susu bubuk
15 gr tepung maizena
100 gr margarin cair
50 gr minyak sayur
1 sdm coklat bubuk

Bahan : ((uk. 22 cm))
6 butir telur,
150 gram gula pasir,
1sdt emulsiefier,
180 gram tepung terigu,
18 gram maizena,
18 gram susu bubuk.
120 gram margarin cair
60 gram minyak sayur.
1 sdm coklat bubuk

Bahan : ((uk. 28 cm)) 
Tinggal mengkalikan 2 resep  uk.20 cm

Cara membuat : 
  1. Siapkan loyang bentuk ring diameter 20 cm (ukur loyang anda dan sesuaikan dengan resep), olesi margarin dan taburi sedikit tepung. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  2. Kocok telur, gula dan SP dengan speed tinggi sampai kental dan mengembang selama 10 menit. Tidak perlu sampai berjejak.
  3. Masukkan ayakan terigu, susu bubuk dan maizena, kocok dengan speed rendah sampai rata. Matikan mixer. Masukkan campuran margarin cair dan minyak sayur, aduk balik menggunakan spatula. Dalam sebuah mangkuk campur coklat bubuk , Tuangi adonan sebanyak 2 sendok sayur, aduk rata.
  4. Tuang adonan putih ke dalam loyang. Masukkan adonan coklat di beberapa tempat secara acak. Bentuk motif marmer menggunakan lidi/garpu. 
  5. Panggang dalam oven selama 45 menit. Lakukan test tusuk. Setelah matang segera keluarkan dari loyang supaya kue tidak menciut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe