Selasa, 27 Agustus 2013

Pumpkin Pie / Pie Labu Kuning


           Kembali dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dan terinspirasi dari masterchef yang preassure testnya membuat ini, jadi pengen mencobanya kan sebelumnya sudah buat pineapple pie dan crust/kulitnya masih ada, jadi buat isiannya aja :D cari-cari resep yang pas dan bahannya yang ada, jadilah Pumpkin pie..... yah walaupun gak punya cetakan pie tapi ada loyang yang mirip pie tapi gak ada lengkungan-lengkungannya.. hihi tak ada rotan akar pun jadi ni critanya. sebenarnya tidak pake topping kalo yang umum,tinggal dikasih whipcream, kan gak punya,maunya tak buat polosan, eh ibuk dateng2 bawa kismis.. ya udah deh tambah manis juga.. hehe...


Pumpkin Pie
Resep by: Crust/Kulit by Just try and Taste, Filling by Miyu dengan perubahan

Bahan crust:
- 350 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 200 gram mentega/margarine dingin
- 60 - 100 ml air es

Cara membuat:
langkah 1-5 ada di postingan sebelumnya

Setelah di dinginkan beberapa saat, pipihkan adonan menggunakan penggiling. Cetak sesuai bentuk cetakan pie atau bisa juga ambil segumpal adonan, letakkan di tengah cetakan lalu tekan-tekan hingga merata. Tusuk-tusuk dasar cetakan dengan garpu, tujuannya adalah supaya tidak menggembung ketika dioven nanti :) Panggang dalam oven, kira-kira 20-25 menit, sampai adonan mulai berwarna kekuningan, lalu keluarkan.

Bahan Filling :

250 gr labu kuning 
150 ml susu cair full cream
50  gr brown sugar/palm sugar
2 butir telur, dikocok rata terlebih dahulu
1/4 sdt vanilla essens
1/2 sdt bubuk kayu manis

Untuk bahan filling :
  1. Labu kuning dikupas dan dipotong kecil-kecil. Cuci bersih dan kukus selama 20 menit (sampai lembek)
  2. Haluskan labu dengan menggunakan garpu saja
  3. Tambahkan bahan lainnya, seperti susu cair, brown sugar, kuning telur, vanili esens, dan bubuk kayu manis. Aduk hingga tercampur rata. Nantinya, filling ini akan berbentuk sedikit kental, tidak terlalu cair, tidak terlalu padat.
  4. Tuang ke dalam cetakan yang masih berisi kulit pie hingga 3/4, (kalau suka boleh pake topping kismis) lalu panggang kembali selama 30 menit hingga bagian atas dari adonan filling itu berwarna cokelat karamel dan sedikit mengeras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe