Senin, 16 September 2013

Donat Kentang NCC


              Sebenarnya donat itu makanan sisa lho ya, kan udah bolong tengahnya dimakan orang,, hihi *bercanda*. Alhamdulillah..bisa bikin donat setelah sekian lama hanya memandangi resep dan hanya jadi penikmatnya. Buatnya harus pakai 10 kekuatan tangan untuk bisa cepet kalis, kalo ngak punya mixer khusus. nguleninnya butuh kesabaran sampai kalis,kucek-kucek kayak nyuci baju, banting-banting kayak orang marah, sampai diledikin adek waktu buat " pelampiasan marah-marah ya mbak" wah bisa jadi.. hehehe.
            Dan yang paling seneng itu saat udah matang ibu ku ngak percaya kalo aku bisa buat donat yang empuk. terbayar sudah keringatannya *elap keringet, padahal cuma bikin 1/2 resep karena raginya yang tersedia cuma 7 gram. Resepnya memang sudah banyak yang membuktikan keempukannya dan rasanya pas walaupun tanpa topping apapapun... jadi singsingkan lengan baju dan ayo membuatnya ;D


DONAT KENTANG 
Resep by : NCC

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus ---> haluskan (sampai lembut) dan dinginkan
100 gr gula kastor
75 gr mentega
1/4 sdt garam
4 kuning telur
100 ml air dingin

Cara Membuat :
  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
  3. Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
  4. Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat, lalu lubangi tengahnya(ngak pake di kempiskan,hehe). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
  5. Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. jangan di bolak-balik, balik sisi apabila sudah kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.
Hasil : 24 buah (aku pakai 1/2 resep jadi 12 buah deh)

 

Nah di tambah kopi susu buatan ibu pas deh buat nikmatin beersama keluarga di sore hari yang cerah.... :)
Selamat Menikmati :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe