Senin, 02 September 2013

Semprit Jadul aka Semprit Dahlia


             Setelah sebelumnya telah membuat semprit coklat, sekarang membuat semprit putih yang jadul ini..kata bapak saya ini kue jaman sebelum kemerdekaan  hehe.. di sini saya menggunakan resep dari ncc, mau tau resep yang lain ini ceritanya. tapi ada yang salah dalam cara membuatnya, mungkin terlalu lama mengocok gula dan telur. jadinya sempritan yang saya buat hasilnya setelah di oven mengembang, kurang jelas jadinya bentuk sempritnya. untuk selanjutnya saya akan membuat cara yang pertama dengan semprit coklat yaitu
mencampurkan gula dan margarin terlebih dahulu baru telur, hal itu akan membuat kuker tidak mengembang, dan mempertahankan bentuk aslinya sebelum di oven.

          Untuk rasanya gurih dan renyah, menurut orang di rumahku sih enak :D. budhe saya minta nyatetin resep, di coba sendiri di rumahnya. eh besoknya laporan menuduh kalo saya beli semprit ini, budhe saya buatnya keras dan liat rasanya. lha saya tanya cara buatnya sesuai resep apa ndak ternyata modif sendiri, masak buat kue kering margarin dan menteganya di lelehin terlebih dahulu kayak mau buat cake.. ketawa-ketawa deh di atas penderitaan orang *jahat ceritanya :D Jadi.....kesimpulannya baca resep baik-baik ya.. trial n error juga perlu sih untuk menambah pengalaman agar mengetahu cara yang tepat *cia-cia

Semprit Jadoel alias Semprit Dahlia

Bahan:
300 gr margarin
75 gr mentega
250gr gula halus
3 btr kuning telur
500gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk
200 gr selai strawberry (saya ganti dengan chocochips)

Cara membuatnya:
  1. Kocok gula dan telur sampai pucat, tambahkan margarin dan mentega, kocok lagi sampai pucat(jangan sampai pucat sepertinya, agar tidak mengembang). Matikan mikser. Masukkan terigu, maizena dan susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Pasang spuit nomor 1B. ( pake spuit seadanya :D ) Sempritkan pada loyang kue kering yg sudah dipoles mentega.
  3. Semprotkan sedikit selai dibagian tengah hingga menyerupai bunga. (tempelkan chocohipz di tengah)
  4. Panggang dalam oven suhu 160 derajat Celsius, selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dan renyah.


hasil : 4 toples uk.500 gr

1 komentar:

Yang koment banyak pahala.. hehe