Selasa, 17 Juni 2014

Banana Loaf Cake

Assalamualaikum.. 
                   Cake pisang lagi nih, tapi dengan beda resep. Udah lama nyimpen resepnya, resepnya sendiri aku dapat dari grub fb masak memasak. Postingan recook Nya udah banyak berseliweran, duh jadi pingin eksekusi nih resep juga. Akhirnya setelah buat tahu berontak untuk cemilannya pak tukang (postingan tahu berontaknya nanti :D) dan hasil nyembunyin pisang jadilah cake pisang ini.. Haha walaupun cuma setengah resep aja sih, pisangnya cuma sedikit persediannya dan udah ngak penasaran lagi deh hasilnya lembut tapi agak berat, mungkin karena dari pemakaian pisang yang cukup banyak. Tapi over all wenak. . .wkwk..  *UPDATE 16 Juli 2014: udah buat 2 resep yang full ngak setengah-setengah pada loyang tulban.. kuncinya Mix antara telur dan gula harus lama dan hasilnya putih mengembang biar hasilnya bagus dan menggembang tinggi. Kalau ngak mau lama sih bisa ditambahkan emulsifer 1 sdm. fotonya ada di bawah :D

Banana Cake
Recipe by :  Mache Yufrita Noge ( 1 Resep Penuh)
Bahan  :
4 buah pisang ambon / pisang raja yang sudah matang ( kira - kira 725 gr di timbang dengan kulitnya ), kupas dan di haluskan seperti bubur, sisihkan.
310 gr tepung self raising ayak dengan 1 sdt baking soda ( aku menggunakan tepung protein sedang + 1 sdt Baking Powder )
240 gr gula pasir (aku 200 gr )
4 butir telur
240 gr ( 300 ml ) mentega cair atau minyak sayur
1/4 sdt garam
sedikit vanili

Cara membuat  :
  1. Panaskan oven 150 C
  2. Kocok gula, telur, garam dan vanili hingga putih (25 menit)
  3. Masukkan pisang dan aduk perlahan dengan spatula hingga rata
  4. Kemudian masukkan tepung secara bertahap dan aduk perlahan hingga rata
  5. Terakhir masukkan mentega cair / minyak sayur secara perlahan dan aduk pelan - pelan hingga rata.
  6. Jika mau nambahi poppy seed, sangrai dulu poppy seednya lalu dinginkan dan baru dimasukikan setelah minyak. Demikian juga kalau mau menambahkan coklat chip, walnut atau kismis
  7. Masukkan adonannya ke dalam loyang  yang sudah diolesi mentega cair yang bercampur dengan terigu. bakar selama 50 - 60 menit.
  8. Jika selama masa pengovenan, kuenya belum matang tetapi sudah coklat sekali, turunkan suhu oven dan cepat - cepat tutup bagian atas dari kue / loyang dengan aluminium foil agar kuenya tidak hangus.
  9. Keluarkan dari oven, biarkan hingga dingin dan keluarkan dari loyang, sajikan. 
Note: bubur pisang bisa dicampur 1 sdm air jeruk nipis/lemon dulu biar ga hitam jadi tampilan banana cakenya lebih cantik warnanya. (tapi selama ini tidak pernah, suka yang coklat.. :p )
Ini dia hasil dari UPDATE nya..
Foto yang Kanan objek bagian depan hasil dari mixer gula dan telur 25 menit. dan yang di belakangnya cuma 15 menit dan lupa merendahkan suhu oven. hasilnya jelek,,, haha. rasanya ? enak yang gosong.. hihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe