Jumat, 12 Juni 2015

Oatmeal Pancake with Dragonfruit Sauce

  

              Pada waktu kepasar beli stock buah, minta dibeliin buah naga yang merah, kayaknya seger banget gitu. Terus kepikiran dibuat vla untuk kue kayaknya cantik kalo difoto,, hehe mangkanya kita buat Pancake time lagi, untuk ngabisin oatmeal jatahnya ibuk yang dulu minta dibelikan dan ternyata hanya mojok dilemari es bagian bawah tak tersentuh siapa-siapa. Nah daripada oatmealnya ngak ada yang makan mari kita berdayakan. Dengan bermodalkan resep yang dibuat ngarang sendiri pada pancake oatmeal chocolate yang cukup berhasil karena empuk pada waktu hangat dan dingin. Maka kali ini saya akan membuat versi plain-nya atau tanpa tambahan bubuk coklat. 


           Setelah mengukur-ukur apa saja yang dibutuhkan saya mempersiapkan cairannya, saya lupa kalau saya hanya membuat setengah resep saja. Tapi cairannya tetap untuk 1 resep, dan disitu saya mulai panik. Saya menambahkan terigu 1 sendok makan lagi dan mulai pasrah untuk memanggangnya, adonannya sangat cair. Tapi saat dipan ternyata agak naik juga adonannya, jadi saya teruskan saja, dan jadinya seperti yang ada difoto. Empuk sih, tapi agak berat di teksturnya hampir agak bantet gitu deh,, hahaha


Oatmeal Pancake with Dragonfruit Sauce
by Yancakes

Bahan Pancake: (1 resep : 10 buah uk sedang)
10 sdm Oatmeal / 80 gr
2 sdm penuh tepung terigu / 50 gr
250 ml susu
2 butir telur
1 sdt Baking powder
1/2 sdt Baking soda
1/2 sdt garam
*jika ingin rasa original, maka skip penggunaan coklat bubuk

Bahan Saus Buah Naga
1 buah Naga merah ukuran sedang, hancurkan
1 sdm maizena, tambahkan dengan 3 sdm air
2 sdm gula pasir
sedikit garam

Cara Membuat :
  1. Pancake : Rendam oatmeal dalam cairan susu selama 1/2 jam, kemudian masukkan telur dan aduk rata. Masukkan bahan-bahan lainnya, aduk rata. Siapkan pan anti lengket, disini saya menggunakan teflon. panaskan dengan api sedang cenderung kecil. kemudian ambil 1 sendok sayur adonan dan tuangkan diatas teflon, tunggu baliknya agak matang, kemudian balik untuk mematangkan bagian atasnya. Lakukan sampai adonan habis.
  2. Saus : Masukkan semua bahan kedalam panci kecuali tepung maizena. panaskan diatas kompor, kalau sudah agak hangat masukkan cairan tepung maizena sampai kental dan meletup letup.
  3. Tata pancake sesuai selera dan Sajikan dengan topping saus buah naga :)
Hasil :  10 buah pancake ukuran sedang

Selamat mencoba :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe