Minggu, 19 Januari 2014

Churros : Soes Goreng


                Crispy di luar, lembut di dalam serta wangi kayu manis yang hmmmm...harumm.. :)
Habis nyobain resep jajanan tradisional, sekarang ke mancanegara. Nyobain buat churros, apa itu churros ? Setelah baca dari banyak situs pangganan ini bersaudara sama kue sus karena cara pembuatannya yang hampir sama, namun di daerah asalnya spanyol churros ini lebih di kenal dengan donatnya di sana. Biasanya di buat untuk cemilan atau sarapan dengan di taburi campuran gula bubuk dan kayu manis atau dengan coklat leleh.

             Nah, buat churros ini pas cuacanya lagi hujan deras sekitar jam 15.30 wib. Lihat-lihat sekitar kondisinya enak nih buat makanan ini, udah nyatet resepnya dari blognya mb ricke, lihat bahan oke semua. Jadi sebelum mandi sore buat deh, simpen di kulkas jam 17.00 wib eksekusi goreng. Buatnya cepet buanget makannya juga cepet habis, habis goreng belum di kasih gula udah di cemal-cemil ibuk, Makan satu ngak cukup lho. Ini fotonya ngambil cuman 2 kali jepretan, di belakang udah nungguin untuk ngabisin.. Alhamdulillah sore yang indah bersama keluarga. Chek this recipy...

CHURROS
by Ricke Indriani

Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (sarannya 2 butir biar gampang nyepuitnya, tapi saya pake 1 butir cz limited edition,hehe ), dikocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
  1. Masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
  3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.
  5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate)
Let's have fun and enjoy it

Ini yang di bentuk lope-lope hehe

nah ini salah satu konsumennya, adek saya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe