Jumat, 26 Desember 2014

Gluten Free Pumpkin Biscuit - Biskuit Labu

              Akhirnya libur telah tiba, semester 5 pun sudah terlewati dan tinggal menunggu nilai yang keluar. Liburan kali ini cukup singkat hanya 2 minggu saja, namun bersyukurlah masih dikasih liburan. Kali ini dan kedepan Insyaallah akan aktif ngeblog lagi, sebelum-sebelumnya hanya posting foto saja tanpa resep dan cerita. Sebenarnya ada waktu dan kesempatan sih kan dikampus akses wifinya banyak, tapi malesnya itu susah dihilangin saat buka blog ya buka aja haha. Ah.. sudah curhatnya, kali ini aku akan posting biskuit yang telah kubuat. 

               Biskuit Gluten free penuh nutrisi karena didalamnya terdapat pure labu kuning dan juga bebas gula. kenapa termasuk dalam makanan gluten free? ya karena tepungnya memakai tepung maizena bukan tepung terigu yang mempunyai gluten. Buat biskuit ini karena request dari ibu yang mau makan kue kering tapi yang ngak mempengaruhi kadar gulanya. Jadi, lihat persediaan dirumah dan browsing resep, ketemu resep dari sebuah blog dokter Chuz's Kitchen. Sebenarnya biskuit ini untuk bayi,, haha tapi orang dewasa juga bisa kok,, hehe. 
             Foto contohnya sih tebel jadinya, tapi setelah praktek hasilnya tipis-tipis entah dimana salahnya padahal langsung pakek 2 kali resep, tapi yah masih bisa dimakan kok,,, dan ibuk juga suka, Nah itu yang Penting :p

Biskuit Labu Kuning Bebas Gluten (Gluten Free Pumpkin Biscuit)
Resep diadaptasi dari biskuit maizena blog justtryandtaste
 
Bahan:
220 gram tepung maizena
100 gram puree labu kuning (labu kuning kupas, potong-potong dikukus sampai bisa ditusuk garpu aja, kalo kelamaan jadi banyak airnya, dihaluskan)
100 gram gula pasir --> aku ganti 50 gr gula palem
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
1/2 sendok teh vanila ekstrak 
95 gram mentega/margarine, suhu ruang

Cara membuat:
  1. Siapkan oven, set disuhu 165'C --> karena pakai otang langsung panasin dengan api besar. siapkan loyang yang dialasi dengan kertas baking. Sisihkan. 
  2. Siapkan mangkuk mikser --> aku pakai wadah biasa, masukkan semua bahan ke dalam mangkuk. Kocok dengan kecepatan rendah aduk dengan tangan hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan adonan selama 10 - 15 menit.   
  3. Lumuri jari dan telapak tangan anda dengan tepung maizena, ambil 1 sendok makan adonan. Bulatkan dengan telapak tangan dan ujung jari hingga menjadi bola bulat. Jika adonan terlalu lengket masukkan ke dalam kulkas sekitar 10 menit hingga agak keras. Tata bola adonan di loyang. Beri jarak antar kue karena kue akan meleber cukup lebar saat dipanggang --> karena pakai labu kuning, teksturnya lebih padat, jadi langsung digepengkan aja, ga melebar saat dipanggang. (Tapi punyaku tetap melebar... haha)
 
                      Nah Ini hasil yang banyak, gak kayak foto yang diatas, dipilih yang eksotik warnanya.. haha yang disamping apa ya itu? itu cookies yang kedua dan Gluten free lagi karena memakai Tepung beras merah..

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe