Sabtu, 21 Februari 2015

Olieballen Apel dan Sukade


              Olieballen Apel dan sukade dengan aroma kayu manis. Olieballen adalah donatnya orang belanda masih sekeluarga dengan rerotian. Sudah lama nyimpen resep ini karena terlihat simpel tapi belum eksekusi-eksekusi, akhirnya saat ada kiriman apel dari tetangga yang sangat keras apelnya maka teringatlah akan resep ini.


             Hasil tampilannya sekilas mirip dengan tape goreng menurut saya. Untuk rasanya enak gurih, ngak cukup makan satu intinya, atau itu memang sifat saya.. hehe. Namun rasa apelnya tidak begitu terasa, walaupun begitu tekstur dari potongan apel muncul didalam rotinya, ditambah asam manis dari sukade menambah variasi rasa.


           Resepnya didapat dari hasil blogwalking di Dapur Manis. Untuk varian isinya dijelaskan bisa diganti-ganti tidak hanya menggunakan apel saja, tapi bisa juga dengan pisang, kismis tergantung apa yang ada. Contohnya disini saya menggunakan sukade saja karena persediaan kismis lagi kosong,, hehe.

Olieballen Apel dan Sukade
Recipe by : Dapur Manis

Bahan :
300 gr tepung terigu protein tinggi
3 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
1/4 sdt garam halus
1 butir telur ayam
150 ml susu cair hangat
1 sdm mentega/margarin, lelehkan
2 bh (±125 gr) apel malang, kupas, parut kasar
75 gr campuran kismis dan sukade, rendam air hangat sampai mengembang, tiriskan (Hanya sukade saja)
 
Taburan :
gula halus/gula donat
kayumanis bubuk

Cara membuat :
  1. Campur dalam baskom tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam, aduk rata. Masukkan telur, uleni menggunakan tangan.
  2. Tuangi susu hangat sambil diuleni sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan sangat kental. Menyusul mentega leleh,  uleni sampai rata.
  3. Masukkan apel parut, kismis dan sukade, uleni rata. Tutup baskom menggunakan serbet basah dan diamkan/fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
  4. Setelah fermentasi berakhir, kempiskan adonan dengan diaduk aduk menggunakan sendok.
  5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok makan yang telah dibasahi minyak goreng, ambil 1/2-1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Setelah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  6. Setelah dingin taburi dengan gula halus dan kayumanis bubuk kemudian sajikan.
Hasil : 20-22 buah 

Selamat Mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe