Sabtu, 09 Mei 2015

Bakpia Pathok Isi Coklat dan Kacang :)

                  
                 Bismillahirohmanirrohim, peresmian Nama domain baruyang sebelumnya Yancakes diganti Yankeik. Alasannya agar pengucapannya lebih mudah aja, tidak merubah artinya.. emang artinya apa.  hehehe. Okeh kali ini saya akan memulai memosting lagi dari percobaan saya dari bulan januari sampai bulan mei ini. kenapa baru diposting sekarang karena... ehm.. banyak urusan duniawi yang harus didahulukan, hihi. Udah dulu deh ceritanya.

                 Nah kali ini saya membuat Bakpia, bakpia yang khas jogja itu lho... Bakpia Pathok. Tertarik membuat ini karena waktu di jogja membeli bakpia pathuk masuk kedalam daftar tempat yang dikunjungi sebagai oleh-oleh khas jogja. Berhubung keuangan saat itu sangat minim dan harganya sekotak "mahal" menurut saya. Mendingan buat sendiri deh dirumah.. hehe walaupun isinya ngak sevariatif disana seperti rasa keju, nanas, kumbu hitam, bahkan durian.

                 Untuk rasanya ngak jauh beda sih, *kok bisa tau? kan ngak beli, hehe. Tapi ada teman yang baik hati menyodorkan kotak bakpia untuk mencicipinya. okeh dimakan perlahan.. di ingat-ingat rasa dan teksturnya. Gimana-gimana dari foto udah cantik belum bakpianya? hihi. Langsung buat 2 resep sekaligus, untuk dibagiin ke temen kelas. Responnya positiff... yuhuuu.




Bakpia Pathok Isi Coklat dan Kacang
Recipe by : Isna Sutanto
Hasil jadi : 50 buah

Bahan Lapisan 

Kulit I :

250 gr tepung protein sedang 

130 gr tepung terigu protein tinggi 
 4 sdm gula pasir 
200 ml air 

1 sdt garam

400 ml minyak sayur (100 ml tuk campuran adonan, sisanya tuk merendam adonan) 



Kulit II :

130 gr tepung terigu protein sedang (all porpuse) 

50 ml minyak goreng 

1 sdm mentega


Cara membuat :

Kulit II : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan. 

Kulit I : Panaskan air, masukan gula, aduk sampai gula larut. Angkat. Campur kedua tepung dan garam, masukkan air gula aduk sampai kalis dan tercampur rata. Tuang minyak sayur sedikit demi sedikit sebanyak 50ml, uleni hingga adonan kalis.

Bahan Isian
Isi Coklat :
100 gr tepung terigu protein sedang yang sudah di sangrai selama 5 menit. Dinginkan.
25 gr susu bubuk (saya skip)
1 sdm air es, saya pakai 2 sdm
125 gr gula halus/gula tepung
50 gr margarin
15 gr coklat bubuk 
Cara 
Campur semua bahan isian, aduk sampai rata. 
Isi/Kumbu kacang hijau 
250 gr kacang hijau (saya pakai kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam) 
200 gr gula putih (Saya memakai 100 gr)
1/8 garam 
50 ml santan kental (saya pakai 60 ml, tambah air sampai 100 ml )
2 lembar daun pandan 

Cara membuat :
kacang hijau yang sudah di rendam dibersihkan, kukus selama 30 menit sampai matang dan empuk, haluskan. Setelah dihaluskan campur dengan gula, santan, garam dan daun pandan. Aduk rata. Masak dengan api sedang biakan sampai adonan kering dan santan sudah terserap.  Angkat, biarkan dingin,



 


Penyelesaian :
  1. Adonan kulit I yang berwarna putih dan kulit II berwarna kuning. Timbang adonan kurang lebih 15-20 gram atau ukuran disesuaikan selera masing-masing. Kalau saya bagi kedua adonan kulit menjadi 50 bagian.
  2.  Tipiskan adonan kulit I, Ambil adonan kulit II lalu ratakan di atas permukaan kulit I secara merata.Lipat seperti amplop.Satukan ujung-ujungnya ditengah. Bulatkan adonan kulit. Rendam bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. Adonan jangan terlalu lama berendam, karena nanti hasil kulitnya menjadi terlalu renyah.
  3. Pipihkan adonan, beri isian kacang hijau atau cokelat ditengahnya. Bentuk menjadi bulat pipih.
  4. Panggang sampai matang kurang lebih 15 menit, balik bakpia lalu panggang lagi sampai kedua sisinya matang dan berwarna kecoklatan. Bisa juga di panggang menggunakan wajan anti lengket atau teflon dengan api kecil.

Yah... cukup effort juga untuk membuat 50 buah bakpia ini, mangkanya harganya mihil.. wkwkw............ Selamat Mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe