Sabtu, 19 April 2014

Cupcake Wortel

Assalamualaikum....
                   Cupcake Wortel yang tidak istimewa penampilannya tapi enak rasanya. Kue ini bahan dasarnya adalah wortel yang di serut dengan serutan keju. walupun bahan dasarnya wortel banyak yang tidak mengira bahwa ini terdapat campuran wortel didalamnya. Termasuk dalam kue yang sehat bukan? untuk memanipulasi orang yang tak suka makan sayuran.. hihi. Sampai saya mengepost tulisan ini, saya telah membuat 4 kali dari resep ini, yah walupun tanpa cream frosting yang melengkapinya.. :p

                   Kenapa terfikirkan wortel? Karena jum'at sore baru nympek rumah setelah 3 minggu di malang dg setumpuk tugas yang bikin ruwet, eh kok ngeliat banyak wortel d lemari es. Akhirnya browsing-browsing dan menetapkan pilihan pada cupcake wortel dari blog Hesty Kitchen yang sudah di modifikasi, sumber resepnya dari website Joy of Baking, kemudian dari resep yang sudah dimodifikasi di sederhanakan lagi dan tanpa creamnya(ngak ada yg doyan di rumah). Jadi di buat ngedome aja deh biar ngak flat, tapi malah di kira muffin.
                   Paginya setelah beberes rumah selesai langsung nyiapin bahan dan praktek(ngak pake mandi nih?), nah lho waktu adonannya udah jadi kok agak ragu (cari resepnya pakek hape ceritanya ) adonannya encer banget, masak bisa jadi pikirku. Kemudian ngeliat adhekku yg lagi main internet.. Lalu Mensabotase laptopnya dan liat vidio aslinya dari web Joy of Baking. Ternyata memang konsistensi adonanya seperti itu, lega deh (padahal udah di oven adonannya). Ini resepnya aku sederhanakan dari blog Hesty Kitchen..

Carrot Cupcake


Bahan :
130 tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
150 gr wortel (parut halus)
70 gr gula kastor
120 ml minyak sayur
2 btr telur (uk.besar)
1 sdt kayu manis bubuk
50 gr sukade
2 sdm kismis, potong-pootong
1 sdt vanila essence

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 180 C atau api sedang ke besar. aduk rata terigu, baking powder, baking soda, garam dan kayu manis bubuk
  2. Dalam wadah, whisk telur, gula, vanila dan minyak sayur sampai kental dan gula larut. masukkan campuran terigu perlahan-lahan sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan wortel parut dan Sukade. aduk rata. tuang dalam cetakan cupcake yang sudah dialas dengan cup kertas.
  4. Oven selama 20 menit. lakukan tes tusuk dan angkat. dinginkan. sajikan..






untuk 9 cup uk.

Hasil jadinya? Hmm.. Tak usah ditanya. Wenaakkkk.. Bayangin gimana rasa dari resep yang aslinya. Rasa wortelnya hilang, cakenya moist. Kata ibukku enak di inepin semalam dulu, tapi boro2 semalam, udah habis duluan dalam beberapa jam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang koment banyak pahala.. hehe